judul menu

Minggu, 31 Oktober 2010

Sumber informasi dan contoh sumber informasi

Menurut saya sendiri,, sumber informasi (wikipedia) bisa dipercaya,karena wikipedia banyak menggunakan sumber primer, sumber sekunder dan juga sumber tersier, tapi disamping itu kita juga harus mencari sumber lain dari wikipedia, berikut ini adalah uraian nya,


sumber primer, dokumen atau orang yang memberikan kesaksian langsung terhadap suatu keadaan atau peristiwa. Sumber ini dapat berupa laporan resmi, surat, catatan saksi, otobiografi, atau statistik yang dikompilasi oleh pihak yang berwenang. Artikel Wikipedia dapat menggunakan sumber primer hanya jika sumber-sumber ini telah dipublikasikan oleh penerbit tepercaya, misalnya traskrip pengadilan yang dipublikasikan oleh stenografer pengadilan, dan hanya dapat dipergunakan semata-mata untuk pernyataan deskriptif

sumber sekunder menyimpulkan satu atau lebih sumber pertama atau kedua. Secara umum, artikel-artikel Wikipedia harus berdasar atas sumber sekunder tepercaya.

Sumber tersier biasanya menyimpulkan sumber sekunder

Sebagai pencari informasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mewaspadai isi Wikipedia, di antaranya:

  1. gunakan artikel Wikipedia hanya untuk mendapat informasi awal yang selanjutnya harus dipastikan kebenarannya.
  2. cek halaman versi terdahulu suatu artikel untuk melihat siapa saja yang telah berkontribusi dan apakah mereka dapat dipercaya (umumnya suntingan pengguna anonim perlu mendapat perhatian lebih)
  3. jangan memercayai dan menyalin mentah-mentah isi Wikipedia, melainkan cobalah untuk mengkritisi isinya dengan skeptisisme ilmiah.





Sumber Informasi lain Wikipedia....

Ug Indopedia

Indopedia merupakan suatu media atau portal informasi mengenai Indonesia. Disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Indonesia, mulai dari sejarah Indonesia, Geograifis, pemerintahan, flora dan faunal, dll.

Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UG Indopedia adalah:



1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse

2. Kemudahan mencari informasi. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang beraneka ragam namun tetap dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, mempunyai kekayaan ilokal dan informasi yang perlu terus dipublikasikan dan dikomunikasikan ke masyarakat- khususnya warga negara asing. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.



3. Kontribusi Konten dari Komunitas. Sehubungan dengan term "wikipedia" yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Indonesia, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu masyarakat luas yang membutuhkannya. Beberapa pemangku kepentingan yang sangat diperlukan kontribusinya adalah pihak pemerintah daerah atau instansi yang terlibat dalam kegiatan promosi Indonesia.

4. Penyediaan Sumber rujukan atau tautan terkait. Informasi pada UG Indopedia lebih banyak bersifat umum, namun tetap memberikan informasi yang dibutuhkan. Informasi lengkap tentang jenis informasi yang diperlukan akan dirujuk ke rujukan atau tautan atau link ke sumber informasi yang dikutip di UG Indopedia ini.

Saya sebagaia mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA. ada baiknya kita menggunakan sumber informasi dari Ug Indopedia, karena saya bangga terhadap UNIVERSITAS GUNADARMA, apabila di Ug Indopedia, mka kita cari sumber informasi lainnya.





Tidak ada komentar: