judul menu

Senin, 04 Oktober 2010

Social divide

Kesenjangan sosial tentang perbedaan akses antara berbagai kelompok masyarakat karena sosio-demografis hambatan seperti kelas, pendapatan, pendidikan, usia jenis kelamin, dan ras. Untuk Misalnya, kelas adalah salah satu penentu utama inklusi digital atau pengecualian. Holderness Mike berpendapat bahwa 'itu tetap kasus yang tajam, yang paling jelas membagi dalam ruang cyber adalah orang-orang berdasarkan mana satu hidup dan berapa banyak satu uang '(Holderness 1998: 37).

Orang kaya cenderung tinggal di tempat dengan infrastruktur telekomunikasi yang baik dengan broadband dan nirkabel jaringan , sedangkan orang miskin yang tinggal di tempat sanitasi kurang sehat, apalagi jaringan telekomunikasi. Baik di negara maju dan berkembang bahwa kelas kaya adalah yang pertama untuk memiliki dan menggunakan teknologi mutakhir sedangkan orang miskin hanya mendapatkan harga komputer dan koneksi Internet dengan harga yang terjangkau.

Di Afrika, di mana sebagian besar orang miskin, Mike Jensen berpendapat bahwa pada tahun 2002, 1 dari 35 orang memiliki ponsel (24 juta), 1 di 130 memiliki komputer pribadi (5,9 juta), dan 1 dari 160 telah menggunakan Internet (5 juta) (Jensen 2002: 24). Akibatnya, Norris mengamati bahwa, sejauh membagi penghasilan yang bersangkutan, akses populer untuk komputer dan Internet membutuhkan penghapusan hambatan keuangan yang memperburuk akses fisik membagi
yang, pada gilirannya, memiliki efek multiplikasi membagi jenis lain seperti jenis kelamin, ras dan keaksaraan (lihat Norris 2001).

DI banyak kota di Asia, Afrika dan masyarakat India miskin mungkin tidak memiliki akses ke Internet di rumah mereka, tapi dapat mengembangkan penggunaan konsisten dalam perpustakaan umum, kafe cyber, pusat internet pedesaan dan lain jalur akses publik. Dalam penelitian saya yang dilakukan antara tahun 2003 dan 2007 di Zimbabwe, saya menemukan bahwa ada kecenderungan pengembangan menggunakan email konsisten dalam kafe cyber oleh masyarakat miskin perkotaan Kesenjangan digital: Kelangkaan, kesenjangan, dan konflik


Pendidikan juga merupakan salah satu unsur kesenjangan kelas. Sebagian besar orang lebih cenderung kurang berpendidikan dan kurang baik dalam pekerjaan mereka, meskipun hal ini tidak berarti bahwa mereka tidak menggunakan Internet. Untuk Misalnya, PBB World Food Program (UNWFP) memiliki inovatif musiman dana kampanye online di Afrika yang menghubungkan masyarakat miskin, kurang berpendidikan petani kecil di daerah pedesaan untuk menjual sebagian dari tanaman online mereka (UNWFP 2007).

Namun, seperti Suzanne Damarin berpendapat, jenderal tren adalah bahwa pendidikan atau kurangnya lebih lanjut memperkuat kesenjangan antara mereka yang bisa menggunakan internet dan mereka yang tidak bisa karena kemungkinan menggunakan Internet selalu meningkat dengan tingkat pendidikan seseorang karena pengarusutamaan TIK baru di bidang pendidikan . variabel lain seperti jenis kelamin, ras dan etnis lebih menyulitkan sosial membagi karena, diskriminasi sosial telah menyebabkan mengesampingkan berarti partisipasi perempuan dan orang kulit hitam.Dalam hal gender, perempuan tampaknya terpinggirkan karena dominasi kepentingan patriarki dalam masyarakat kebanyakan karena penggunaan digital media dan internet dikenakan membentuk sosial.


link What is the digital divide,,,,, http://winjor12.blogspot.com/2010/10/digital-divide-scarcity-inequality-and.html

The geographic divide http://mediakartu.wordpress.com/2010/10/10/bab-geographic-divide/

Democratic divide + conclusion? http://mynewsworthy99.blogspot.com/2010/10/democratic-divide-conclusion.html

sumber : DIGITAL CULTURES: Understanding New Media by Glen Creeber dan Royston Martin

Tidak ada komentar: