judul menu

Kamis, 24 November 2011

Cekers 7 kali tujuh


Tema Game
   Pada pratikum pengantar kecerdasan buatan ini saya akan membuat sebuah game dengan nama “Cekers 7 kali tujuh ”. Game ini akan menampilkan sebuah papan berukuran 7 X 7  dengan 7 buah Pion pada setiap daerah. Pada permainan ini kita berperan sebagai user yang menjalankan pion tersebut secara diagonal, begitupun pion lawan. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu user, sedangkan computer bertindak sebagai lawan. Permainan ini memiliki tiga buah goal, yaitu win, lose dan draw. Karena permainan ini berbasis AI (Artificial Intelliginece) atau kecerdasan buatan maka permainan ini mampu berfikir layaknya seorang manusia hingga dapat dikatakan “cerdas” sehingga dapat dianggap sebagai manusia, oleh karena itu  user menerapkan  strategi yang tepat untuk menyelesaikan permainan ini.

Initial State
    Initial State permainan Cekers 7 kali tujuh ini adalah menampilkan sebuah papan berukuran 7X7 yang terdiri dari 49 kotak kosong yang nantinya akan menjadi area permainan. Permainan ini dimainkan seorang pemain melawan AI (computer). Pada papan tersebut terdapat 14 buah pion dengan gambar bunga merah dan 4 buah pion bunga biru  . Pion-pion ini bisa berjalan secara diagonal. Permainan ini akan membuat kita melatih berfikir dalam menyusun strategi secara logika . Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan permainan ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain, sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan.

Rule
  Aturan main (Rule) yang digunakan pada permainan Cekers 7 kali tujuh adalah sebagai berikut:
1.User dapat memilih akan memulai permainannya terlebih dahulu atau komputer (lawan) yang jalan duluan dengan mengklik new game dan pilih salah satunya.
2.Pasukan pemain (bunga merah) harus memakan pasukan komputer (bunga biru) jika berhadapan langsung atau pasukan pemain (bunga merah) tidak dapat berjalan, dan sebaliknya.
3.Cara memakan pasukan lawan yaitu dengan cara melewatinya secara diagonal.
4.Pasukan yang telah sampai di area lawan akan berubah bentuk menjadi lebih kuat sehingga jalannya dapat diagonal ke atas dan ke bawah

Goal
  Goal untuk menyelesaikan permainan Cekers 7 kali tujuh adalah memakan pion lawan (bunga biru) sampai habis maka kita akan menang atau sebaliknya. Dan apabila lawan atau kita tidak ada jalan lagi maka akan keluar message kamu imbang, main lagi?. 

Konsep AI
    Permainan ini berbasis Artificial intelligience (kecerdasan buatan). Kecerdasan buatan pada permainan Cekers 7 kali tujuh ini yaitu komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan memainkan permainan layaknya seorang manusia. Komputer akan selalu berusaha menghalangi user untuk menjadi pemenang dengan memakan pion-pion milik user. Komputer selain menghalangi jalannya user, dan juga menyusun strategi sendiri untuk mengalahkan user dengan cara memakan habis pion milik user.
   
   Penerapan algoritma minimax dalam checkers dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya.Ketika prosedur minimax mencapai akar pada pohon pencarian (posisi saat tersebut), akan menghasilkan langkah terbaik dengan asumsi lawan akan menggunakan kriteria pengecekan yang sama.



Screenshoot nya 
Tampilan awal 




















Tampilan menang




















Tampilan kalah





















Tampilan imbang



















Tidak ada komentar: