judul menu

Minggu, 20 November 2011

Menbuat program sederhana dengan open GL

Bayu Hermansyah (54409766) 
Bobby Heryanto (50409476) 
Chrisna Cahya Nugraha (53409137) 
Ikhsan Tama (54409444) 
Muhammad Fajrein Perdana (554099345)
Ricky Santosa (52409944)

Membuat program dengan open GL, untuk menghasilkan output 1.Garis 2.persegi 3.segitiga 4.polygon Pertama, download aplikasi dev ++ disini . setelah itu download package nya disini

pertama, saya akan membuat tutorial singkatnya terlebih dahulu
sesudah di downlod, maka install aplikasi dev c++ nya, setelah di install



















pilih toolbar tool > package option 



















pilih package yang ingin di install, klik install 











lalu install, tunggu saja sampai selesai 

















sesudah di install, klik new >  project




 pilih saja multimedia. lalu pilih open GL, lalu klik ok














Membuat persegi
ketik seperti dibawah ini:
          
          glClearColor (217, 16, 230, 0);
          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

          glBegin (GL_POLYGON);
          glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, -0.5f);
          glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, 0.5f);
          glColor3f (0.0f, 2.0f, 0.0f); glVertex2f (0.5f, 0.5f);
          glColor3f (0.0f, 0.0f, 3.0f); glVertex2f (0.5f, -0.5f);
          glEnd ();

          SwapBuffers (hDC);

          Sleep (1); 


karena saya membuat project nya open GL,bukan empty project. maka letakkan kodingan nya di antara  statement /* OpenGL animation code goes here */
















lalu save dan compile + run (f9)  
maka hasil nya seperti dibawah ini:
 




















Membuat garis
sama seperti hal nay dengan di atas, 
yang membedakan nya adalah kodingan nya. yaitu:


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);


glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(0.,1.,0.);//green 


glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);


glEnd ();
glPopMatrix ();


SwapBuffers (hDC);


Sleep (1);


 untuk merubah warna garis nya, maka ubah lah rgb nya,,



glColor3f(0.,0.,0.);//black
glColor3f(0.,0.,1.);//blue glColor3f(0.,1.,0.);//green
glColor3f(0.,1.,1.);//cyan glColor3f(1.,0.,0.);//red
glColor3f(1.,0.,1.);//magenta glColor3f(1.,1.,0.);//yellow
glColor3f(1.,1.,1.);//white

itu adalah macam macam warna simpel yang ada.





Membuat segitiga
tambahkan kodingan ini:
seperti biasa, letakkan kodingan nya di antara  statement /* OpenGL animation code goes here */


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();

glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
theta += 1.0f;
sleep (1);

















Membuat Polygon

tambahkan kodingan ini:/
seperti biasa, letakkan kodingan nya di antara  statement  /* OpenGL animation code goes here */          


glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);


            glBegin(GL_POLYGON);
            glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f);glVertex3f(0.2, 0.1, 0.2);
            glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f);glVertex3f(0.6, 0.1, 0.2);
            glColor3f (0.0f, 2.0f, 0.0f);glVertex3f(0.8, 0.3, 0.2);
            glColor3f (0.0f, 0.0f, 3.0f);glVertex3f(0.7, 0.6, 0.2);
            glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f);glVertex3f(0.4, 0.7, 0.2);
             glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f);glVertex3f(0.1, 0.6, 0.2);
          glEnd ();


          SwapBuffers (hDC);


          Sleep (1);


ini outputnya:





1 komentar:

Unknown mengatakan...

aduh itu npm saya salah mas bay..
muhammad Fajrein perdana (55409345)
yang benernya..